Tips dan Trik Menghadapi Kucing Pipis Sembarangan

Melihat kucing kita pipis sembarangan terkadang membuat kita merasa gemas ya, homies. Ternyata pipis sembarangan itu disebabkan oleh banyak faktor lho. Ingin tahu penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? simak terus yuk tahap-tahap di bawah ini :)

1. Bedakan : Urine spraying atau inappropriate urination?
Terdapat dua jenis pipis sembarangan, yakni urine spraying dan inappropriate urination. Kedua jenis ini disebabkan oleh penyebab dan penanganan yang berbeda, sehingga owner harus memperhatikan dengan baik bagaimana tipe kucing masing-masing.  photo asssss_zps1507oqqk.jpg

Urine Spraying
  • Menyemprot urin dalam jumlah sedikit di permukaan vertikal
  • Ekor berdiri dan bergetar saat menyemprot
  • Bau urine sangat menyengat

Urine Spraying

Inappropriate urination
  • Urine mengalir di lantai atau permukaan horizontal lainnya
  • Posisi 'duduk' untuk pipis
  • Volume urin banyak
 photo 107afe36c9eb346335964281a9c616d02_zpsu5w5ema3.jpg


Apabila kucing Anda ternyata mengalami innapropriate urination, maka jenis pipis ini sejatinya adalah normal dan biasanya dilakukan di litter box yang disediakan pemilik. Namun apabila ada litter box tapi kucing masih pipis di tempat lain maka terdapat beberapa alasan seperti kucing tidak nyaman dengan litter box, kurang bersihnya litter box, tidak nyaman penempatannya, atau litterbox digunakan oleh kucing lain dalam satu rumah.

Solusi untuk masalah innapropriate urination bisa disediakan lebih dari satu litter box bersih  yang diletakkan di sudut-sudut rumah dan tidak terlalu jauh dari tempat kucing biasa tidur/bermain.

Akan tetapi apabila setelah diterapkan ini kucing anda masih pipis di luar tempatnya, maka patut diwaspadai adanya problema kesehatan, seperti gangguan ginjal, kristal/batu di saluran kencing, diabetes dan artritis.

2. Faktor-faktor penyebab si Manis Pipis sembarangan (Urine Spraying)
Bau adalah alat komunikasi utama pada kucing. Terdapat beberapa macam tanda teritorial yang secara tidak kita sadari telah dilakukan kucing kita, salah satunya dengan media bau urine. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya :

Ingin menandai wilayah dan merasa gelisah. Keberadaan kucing liar di halaman rumah dapat membuat kucing Anda merasa terancam, dan mengakibatkan kucing anda pipis di sekitar pintu/jendela. Begitu pula apabila ada orang asing atau kucing baru yang datang di lingkungannya, perasaan tidak nyaman itu akan mengakibatkan kucing anda kencing di luar litter boxnya.

Stress. Pertengkaran dengan hewan lain dalam satu lingkungan, pindah rumah, pergantian tata letak tempat dari biasanya, ketiadaan orang/hewan yang biasa menemani kucing Anda secara mendadak, dll merupakan faktor-faktor yang dapat memberi efek stress dan menginduksi kucing untuk menandai wilayahnya dengan spraying pada baju, kasur, gorden atau bahkan manusia yang berada dalam jangkauannya.

Dengan urine spraying, kucing secara tidak langsung memberikan pesan kepada kucing lain bahwa yang disemprot itu adalah miliknya, lengkap dengan berapa lama dia sudah menguasai tempat itu, atau memberitahu kucing lain bahwa dia sedang stress.

Masa Birahi. Mayoritas pelaku urine spraying adalah kucing jantan yang belum dikebiri, namun tidak tertutup juga kemungkinan spraying untuk kucing betina. Bau urine pada pejantan berfungsi untuk memberitahu kucing betina bahwa pejantan tersebut sehat secara reproduksi, sehingga pejantan tersebut dapat menemukan pasangan. Demikian pula bagi kucing betina birahi, urine yang dikeluarkan memberikan semacam feromon sehingga kucing pejantan dapat mengetahui bahwa betina tersebut siap untuk dikawini.

Tips mengatasi kucing pipis sembarangan secara natural dan sederhana (Behavioral modification)

Hal utama yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi penyebab kucing Anda spraying. Jika anda tidak bisa menemukan penyebab problem maka Anda tidak akan bisa sepenuhnya mengeliminasi perilaku spraying pada kucing Anda.

Berikut ini adalah tips untuk membantu mengurangi spraying pada kucing anda :

(Betina dan Jantan)
  1. Taruh pakan dan minum di lokasi dimana kucing anda spraying. Pada umumnya kucing jarang spraying pada tempat yang berdekatan dengan pakan dan minumnya.
  2. Alasi plastik atau alumunium foil pada tempat dimana kucing suka menandai. beberapa kucing tidak suka suara gesekan yang ditimbulkan plastik/alumunium foil juga tidak bisa mencium bau bekas sprayingnya jadi dia kehilangan jejak bau urin sebelumnya.
  3. Semprot air merica pada daerah bekas spray.
  4. Letakkan sebaki kelereng pada alas tempat spraying.
  5. Semprot kucing dengan air ketika dia spraying, tapi jangan sampai dia tahu darimana air tersebut berasal. Kucing akan berpikir bahwa tempat itu yang menghukumnya, bukan owner, sehingga ia tak akan menandai tempat itu lagi.
Cara Mengatasi Kucing Pipis Sembarangan


(Jantan)
  1. Tutup jendela dan pintu. Hindarkan kucing Anda dari kucing lain yang tidak dikenalnya.
  2. Siapkan litter box extra dan tempatkan di tempat favorit kucing Anda.
  3. Apabila Anda punya banyak kucing atau anjing, sediakan tempat khusus untuk kucing Anda. Tiap kucing menyukai privasi, jadi Anda bisa menyediakan space kosong untuk tiap kucing. Tidak perlu mahal, Anda bisa mengosongkan sisi jendela, atas lemari, rak buku, atau menggunakan kandang kucing bertingkat yang memungkinkannya untuk beristirahat tanpa gangguan.
  4. Distribusi pakan dan minum pada beberapa tempat, sehingga kemungkinan terjadinya konflik antar kucing bisa berkurang.
  5. Bermainlah dengan kucing Anda. Bermain terbukti bisa mengurangi stress dan memberikannya pengalih perhatian.
  6. Apabila anda memiliki lebih dari satu kucing, bermain lah dengan semua kucing anda dengan perhatian yang sama rata.
Ajak Kucing Bermain


(Jantan)
  1. Semprot bekas urine spraying dengan pembersih khusus untuk menetralisasi pet odor yang bisa Anda dapatkan di pet shop.
  2. Cuci semua tempat yang dispray oleh urin kucing, sehingga mereka tidak akan terpicu untuk menyemprot di tempat yang sama. Campur cuka dan air dengan rasio 1:1 dan semprotkan ke area yang telah ditandai agar kucing tidak spraying ke tempat yang sama lagi.
  3. Apabila Abaru pindah / baru memiliki hewan baru maka jangan rubah perhatian dan kebiasaan Anda terhadap kucing Anda. Berikan jam makan yang sama, litter box dan kandang di tempat yang sama sebisa mungkin. Orang asing / hewan baru sebaiknya jangan langsung digabung, berikan kesempatan bagi kucing Anda untuk tinggal di kamar lain dan pelan-pelan mengenali baunya.
  4. Buat tempat spraying nya menjadi tidak menarik / tidak tergapai. misal semproti dengan parfum beraroma citrus, minyak kayu putih, atau aroma pinus.
  5. Apabila kucing anda suka spraying di benda asing, maka segera masukkan barang baru Anda atau barang tamu ke dalam lemari yang tidak bisa dibuka oleh kucing Anda.

Perhatikan hal berikut ini!
  • Tiap kali Anda melakukan metode di atas, perhatikan reaksi kucing Anda. Jika dia bertambah stres, maka hentikan metode di atas dan coba metode lainnya.
  • Jangan menggosokkan hidung kucing di bekas sprayingnya sendiri.
  • Jangan melempari kucing Anda.
  • Jangan mencuci bekas spraying kucing dengan pembersih yang mengandung amonia, karena amonia dapat mengundang kucing untuk menandai daerah yang sama lagi.

Sudah dicoba... tapi masih pipis sembarangan? Mungkin kucing Anda perlu ini.

  1. Segera steril kucing Anda. Semakin muda umur kucing (5-6 bulan) maka kemungkinan tidak spraying menjadi lebih banyak. Namun penelitian menunjukkan 90% kucing jantan dan 95% kucing betina berbagai usia menunjukkan penurunan signifikan setelah disteril / dikebiri.
  2. Apabila kucing Anda terus menerus gelisah dan stres, Anda bisa menemui dokter hewan anda untuk pemeriksaan dan pemberian obat penenang jangka pendek sambil menerapkan metode behavioral modification.
  3. Periksakan kucing Anda untuk melihat gejala penyakit lain, terutama apabila kucing Anda kesulitan kencing, kesakitan dan terlihat berulangkali menjilati alat kelaminnya. Berbagai penyakit seperti infeksi saluran kencing, FLUTD, gangguan ginjal dan liver, gangguan saraf, serta sumbatan batu atau kristal dapat berakibat fatal bagi kucing Anda.
  4. Terapi suntik hormon pada jantan dan betina dapat berpengaruh pada sebagian kucing, dengan persyaratan tertentu.
Mengatasi Kucing Pipis Sembarangan

Terimakasih sudah membaca artikel kami, semoga bisa membantu para owner dalam mengatasi problema urine spraying dan inappropriate urination. Nantikan artikel kami selanjutnya dalam "Tips dan Trik menghadapi Anjing dan Kelinci Pipis Sembarangan". Selamat mencoba dan good luck ya homies! :)

Posting Komentar