Kucing, Susu dan Lactose Intolerant

Sering kali kami temui pemilik yang ingin kucingnya cepat besar dan gemuk lalu memberikan Susu Sapi (Dairy Milk) sebagai makanan tambahan, namun sayang beberapa saat kemudian mendapati kucing tersebut mengalami diare. Disisi lain, ada pula pemilik lain yang melakukan hal serupa, namun kucingnya ternyata baik-baik saja, terlihat makin sehat dan makin gemuk. Lalu sebenarnya Susu Sapi bisa diberikan pada kucing atau tidak, ya?

Kucing Dan Susu

Bolehkah Memberi Susu Pada Kucing?

Walaupun sering kali diilustrasikan bahwa susu adalah minuman favorit kucing, lalu kemudian kucing terlihat lahap ketika disodori semangkuk susu, namun kenyataannya kucing sering kali tidak mendapatkan manfaat dari nutrisi yang terdapat di dalam susu yang diberikan tersebut.

Apa Itu “Lactose Intolerant”?

Lactose Intolerant adalah suatu keadaan tubuh tidak dapat menghancurkan Laktosa yang terdapat di dalam susu karena tubuh kekurangan Enzim Laktase. Sebagian besar mammalia, dengan bertambahnya umur maka kemampuan tubuh untuk memproduksi Enzim Laktase akan berkurang pula, sehingga resiko untuk menjadi Laktose Intolerant akan bertambah.

Apakah semua kucing Lactose Intolerant?
Mungkin sebagian dari Anda mempunyai pertanyaan seperti diatas ketika berkonsultasi dengan dokter hewan Anda. Jawabnya adalah TIDAK, walaupun sebagian kucing terutama kucing dewasa akan memiliki kecenderungan besar untuk menjadi Lactose Intolerant.

Ketika kucing yang memiliki Lactose Intolerant meminum susu, Laktosa yang terdapat pada susu tak dapat dicerna dengan sempurna di dalam usus sehingga menyebabkan ketidak nyamanan antara lain sakit perut, kembung, dan diare.

Apakah semua kucing tidak boleh minum susu?
Apakah semua kucing tidak boleh minum susu? Tentu saja tidak. Anak kucing / kitten adalah pengecualian. Kitten memerlukan susu untuk bertahan hidup sampai dia cukup besar untuk disapih. Lalu bagaimana jika kitten memerlukan susu tambahan selain susu dari ibunya?. Berikan susu khusus kucing. Susu khusus kucing terbuat dari Susu Sapi yang telah diformulasikan sehingga kandungan laktosa dan kaseinnya sesuai untuk pencernaan kucing.

Untuk mengetahui apakah kucing anda toleran pada susu adalah dengan memberinya sedikit susu (satu dua sendok makan), apabila setelah diberikan tidak muncul efek yang merugikan maka silahkan memberi kucing anda susu. Namun tetap saja, tidak dianjurkan untuk memberikan susu setiap hari pada kucing dewasa, apalagi menjadikan susu sebagai pengganti air minum karena susu dan air tidak dapat saling menggantikan. Kucing memerlukan air untuk membantu mengatur suhu tubuh, mencerna makanan, mengeluarkan toksin dari tubuh, dan masih banyak manfaat lainnya.

Jika kucing anda toleran pada susu dan terlihat menyukainya, boleh diberikan sesekali saja sebagai special treats, DENGAN CATATAN : Diberikan secukupnya dan dijaga asupan kalorinya agar tidak menyebabkan kucing anda mengalami problem obesitas yang serius.

Posting Komentar