Tips dan Cara Mengatasi Kucing Stress

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit. Di klinik hewan Homie Vet Care, kucing merupakan pasien terbanyak dan mempunyai beragam permasalahan. Oleh karena itu, kucing memiliki treatment tertentu agar supaya tetap sehat dan lucu.

Salah satu permasalahan yang sering dikeluhkan oleh pemilik kucing adalah ketika hewan tersebut menunjukkan tanda-tanda tidak semangat dan tidak ceria seperti sebelumnya. Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi perilaku kucing akan tetapi hal yang sering menimpa kucing Anda ketika mengalami gejala tersebut adalah dikarenakan faktor stress.

Menangani Kucing Stress

Tanda-tanda Kucing yang Mengalami Stress

Kita bisa mengetahui secara langsung apakah kucing peliharaan kita sedang mengalami stress atau tidak. Beberapa ciri-ciri berikut ini bisa membantu Anda untuk mengidentifikasi apakah kucing Anda mengalami stress atau tidak.
  • Kucing menjadi agresif terhadap manusia maupun hewan lainnya.
  • Sering bersembunyi di tempat yang gelap seperti di bawah mobil, di bawah kolong kasur, dan lain-lain.
  • Nafsu makan yang biasanya selalu lahap menjadi menurun.
  • Buang kotoran sembarangan sementara biasanya kucing tersebut tahu tempat dia seharusnya membuang kotoran.

Penyebab Kucing Stress

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat kucing menjadi stress akan tetapi jika ditarik benang merahnya maka penyebab utamanya adalah habbit atau kebiasaan yang berubah secara mendadak, contohnya perpindahan rumah, perjalanan jauh di dalam mobil, atau pergantian makanan yang sangat berbeda.

Cara Mengatasi / Menangani Kucing Stress

Setelah Anda mengetahui tanda-tanda dan penyebab kucing stress maka sebaiknya Anda juga perlu mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi kucing stress. Dengan mengetahui

cara mengatasi kucing stress

maka ini bisa menghemat waktu dan tenaga Anda tanpa mengunjungi klinik hewan di sekitar rumah Anda.

Selain itu, pada beberapa kasus kucing akan menjadi semakin stress jika terlalu diperhatikan, misalnya Anda bawa kucing tersebut ke klinik hewan di mana itu merupakan tempat asing lagi bagi si kucing dan ditambah lagi dengan perjalanan yang tidak menyenangkan dari rumah ke klinik hewan.

Berikut ini tips mengatasi kucing stress :
  1. Berilah dia udara segar ketika dalam perjalanan dan mulai menunjukkan tanda-tanda stress.
  2. Jika Anda sering meninggalkan kucing sendirian di saat Anda keluar rumah maka sebaiknya beri kucing mainan baru.
  3. Beri waktu pada kucing. Ada kalanya kucing juga membutuhkan kesendirian. Berhenti mengajak kucing bermain dengan intensitas yang tinggi.
  4. Berhenti mengajak kucing bermain bukan berarti berhenti memberi perhatian. Cobalah untuk mengelus kucing ketika Anda memberinya makan. Hal ini karena kucing bisa saja masih takut dengan lingkungan barunya dan membutuhkan perhatian yang membuat dia nyaman.
Itulah tips dan cara mengatasi (menangani) kucing stress dari klinik hewan Homie Vet Care. Semoga bermanfaat dan semoga kucing Anda menjadi lebih baik.

Tags : , , , .

Posting Komentar